27 Maret 2011

PRINSIP PERSAHABATAN


Kebanyakan orang tidak memperhatikan tentang persahabatan, kadang-kadang mereka tidak mengerti arti persahabatan. Sehingga mereka tidak memikirkannya sebagai prioritas utama. Walaupun demikian, jika seseorang pindah dari suatu tempat ke tempat yang baru maka dia harus mencari teman baru. Tak seorangpun dapat hidup sendiri. Ketika seorang bayi lahir maka dia akan memerlukan bantuan. Dan juga jika seseorang belajar berjalan maka dia juga akan memerlukan bantuan orang lain. Kita menyadari bahwa seorang teman sangatlah penting bagi kita. Teman adalah sebuah investasi dan pemberian dari Tuhan kepada kita.

Kemudian, bagaimana mendapatkan teman sebanyak mungkin.???
Sesungguhnya ada banyak hal yang harus kita lakukan untuk mendapatkan teman. Tetapi dalam artikel yang saya tulis ini kita akan belajar tentang Prinsip persahabatan.


Prinsip Persahabatan yang saya ketahui ada 5 yaitu :



1. Jadilah Orang yang Jujur.
Kejujuran adalah hal yang sangat penting dimanapun kita berada. Jangan takut untuk menjadi diri kita sendiri dan jujurlah pada teman-teman kita. Teman yang baik tidak akan membeda-bedakan apakah kita berasal dari keluarga miskin atau terhormat. Tentunya itu tidak menjadi masalah.

2. Jadilah Orang Pemaaf.
Jangan mudah marah, jika teman kita membuat kesalahan ataupun menyakiti hati kita. Kita akan menjadi orang besar jika kita memaafkan orang yang bersalah apalagi kita dapat memperbaiki situasi. Persahabatan itu harus dijaga sehingga teman kita akan menghargai kita.

3. Jadilah Orang Bijak.
Tak seorangpun sempurna. Oleh karena itu janganlah mencari kesempurnaan teman kita. Terimalah mereka dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Kita harus belajar menjadi orang bijak.

4. Saling Tolong-menolong.
Hindarilah untuk menjadi orang yang egois. Tolonglah teman jika mereka memerlukan pertolongan. Teman yang sesungguhnya adalah orang yang mengulurkan tangan kepada orang yang membutuhkannya. Sebaliknya mereka akan menolong kita jika kita dalam situasi buruk. Sejujurnya, teman yang baik adalah saling tolong-menolong.

5. Jadilah Orang yang Menghargai Orang lain.
Dengan cara mendengarkan ketika dia bicara, mengucapkan terima kasih, meminta maaf dan menjawab pertanyaannya dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar